Jumat, 06 Juli 2012

FAKTA MENARIK TENTANG AIR MATA

 Hai . . dalam post kali ini saya akan memberikan informasi tentang fakta-fakta menarik tentnag ari mata . . . Saya yakin bahwa anda semua pernah mengeluarkan air mata . . tapi apakah anda tahu apa manfaat dari keluarnya air mata tersebut . . . Berikut adalah informasinya . . . . .
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Air mata merupakan kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi untuk membersihkan mata. Sistem lakrimasi hanya dimiliki oleh mamalia darat dan manusia adalah mamalia satu-satunya yang memiliki emosi air mata. 
 
Secara anatomi, air mata terdiri atas tiga lapisan. Lapisan pertama (musin) adalah lapisan yang menempel pada kornea dan dihasilkan oleh sel goblet pada konjungtiva. Lapisan kedua di tengah lapisan akuos, yang dihasilkan oleh kelenjar lakrimal utama dan kelenjar lakrimal tambahan seperti kelenjar krause dan kelenjar wolfring yang terdapat pada fornik konjungtiva.
 
Lapisan ketiga merupakan lapisan lemak yang dihasilkan oleh kelenjar meibomian dan kelenjar zeis. Ketiga lapisan itu homogen dan kuat sekali pelekatannya, sehingga jika lapisan-lapisan tersebut terganggu, keluhan mata kering akan terjadi. Berikut beberapa fakta tentang air mata:
 
Membunuh bakteri 
Biasanya kita menggunakan obat tetes untuk menghilangkan kotoran dan bakteri dalam mata. Tetapi air mata ternyata dapat membunuh bakteri secara alami karena di dalamnya terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang berfungsi membunuh sekitar 90% hingga 95% bakteri.
 
Mencerahkan penglihatan 
Air mata berguna untuk mencerahkan penglihatan karena dapat mencegah dehidrasi pada membran yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur. 
 
Mengeluarkan racun pada mata
Air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosi ternyata mengandung racun. Dengan keluarnya air mata tersebut, menandakan bahwa racun telah dibuang dari dalam tubuh.
 
Mampu meningkatkan mood
Dengan menangis, mood seseorang akan berubah menjadi lebih baik karena air mata yang dihasilkan dari menangis mengandung 24% protein albumin yang berguna meregulasi sistem metabolisme tubuh.
 
Mengurangi stres
Air mata mampu mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain itu air mata dapat membantu melawan penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi. (NP)
 
 
 IN ENGLISH . . .
 
 The tears are produced by the glands of lacrimation to clean the eyes. Lacrimation system owned by only land mammals and humans are the only mammals that have emotional tear.

In anatomy, the tears of three layers. The first layer (mucin) layer that is attached to the cornea and is produced by goblet cells in the conjunctiva. The second layer in the middle layer akuos, produced by the main lacrimal gland and lacrimal glands of Krause and extras such as lymph glands fornik wolfring found on the conjunctiva.

The third layer is a layer of fat produced by the meibomian glands and glands zeis. The third layer is homogeneous and pelekatannya very strong, so that if the layers are disturbed, dry eye complaints will occur. Here are some facts about tears:

kill bacteria
Usually we use drops to remove dirt and bacteria within the eye. But it can tear naturally kill bacteria because it contains a fluid called functional lisozom kills about 90% to 95% of bacteria.

brighten vision
Tears are useful to enlighten the vision because it can prevent dehydration of the membrane that can make the vision blurred.

Remove toxins in the eye
Tears coming out of the tears of emotion turned out to contain poison. With those tears, signifies that the poison was removed from the body.

Able to improve mood
By crying, mood will change for the better because of the tears of crying produced containing 24% albumin protein that regulates the body's metabolic system is useful.

reduce stress
Tears were able to release stress hormones in the body which contained leucine-endorphin and prolactin enkaphalin. In addition tears can help fight diseases caused by stress such as high blood pressure. (NP)
 

Tidak ada komentar: